Cara Mencangkok Belimbing Manis dengan Mudah

Cara Mencangkok Belimbing Manis dengan Mudah-halo sobat pada kali ini admin akan berbagi cara mencangkok belimbing agar cepat berbuah lebat dan rasanya manis..Mencangkok adalah usaha manusia dalam memperbanyak tanaman baru atau Pengembangbiakan dengan cara Vegetatif buatan. Tidak semua tumbuhan dapat dicangkok, tumbuhan yang dapat di cangkok hanya tumbuhan dikotil dan biji terbuka. Dengan mencangkok kita dapat mudah memperbanyak.oke langsung saja ikuti tutorialnya dibawah...

Alat dan Bahan :
Pohon belimbing manis
Tanah
Pupuk kandang
Cutter
Gergaji
Plastik kresek
Tali rafia
Polybag
Cara Mencangkok :

Cara Mencangkok Belimbing Manis dengan Muudah

Siapkan pohon belimbing manis yang berkualitas unggul. Pilihlah salah satu cabang dari tanaman tersebut yang mempunyai diameter 2-3 cm dan panjangnya lebih dari 100 cm. Usahakan cabang yang dipilih ini memiliki arah tumbuh yang tegak ke atas.

Gunakan cutter untuk mengelupas lapisan kulit dari cabang tanaman terpilih secara melingkar dengan panjang antara 3-5 cm. Posisi sayatan hendaknya dilakukan persis di bawah kuncup daun agar tingkat keberhasilan mencangkok tanaman lebih tinggi. Kemudian lepaskan lapisan kulit yang telah dipotong tadi menggunakan bagian ujung cutter. Setelah itu, Anda bisa membersihkan lapisan kambium yang mungkin masih menempel di permukaan kayu. Buanglah lapisan kambium yang seperti lendir tersebut hingga kering.

Kini waktunya untuk membiarkan bekas sayatan tadi selama 2-5 hari supaya dahan yang telah dikupas bisa mengering dengan sempurna.

Bungkuslah bekas sayatan cabang pada pohon belimbing manis tadi menggunakan plastik kresek. Dimulai dengan mengikat bagian bawah pembungkus plastik tersebut kira-kira 6 cm di bawah sayatan terlebih dahulu. Kemudian masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam pembungkus tadi. Rapikan sedemikian rupa agar bekas sayatan di dahan bisa tertutupi oleh campuran media tanam tadi. Lalu, Anda bisa mengikat bagian atas lembaran pembungkus memakai tali rafia.

Usahakan media tanam yang ada di cabang yang sedang dicangkok terjaga tingkat kelembabannya dengan baik. Jadi Anda perlu menyiraminya setiap pagi dan sore hari secara teratur.

Perhatikan kondisi dan pertumbuhan cabang yang tengah dicangkok. Butuh waktu selama beberapa bulan supaya cabang tersebut dapat menumbuhkan akar yang lengkap. Jika cabang sudah tampak mempunyai akar yang cukup banyak, Anda dapat memisahkannya dari pohon induk dengan memotong cabang tadi menggunakan gergaji.

Bibit belimbing manis yang telah dipisahkan dari tanaman induk sebaiknya tidak langsung ditanam di tanah. Anda perlu menyemainya terlebih dahulu agar pertumbuhannya bisa maksimal. Tanamkan bibit tersebut di dalam polybag yang telah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

demikian postingan dari admin tentang Cara Mencangkok Belimbing Manis dengan Mudah semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Mencangkok Belimbing Manis dengan Mudah"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetaniku.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel