Cara Menyemai Benih Cabai Rawit yang benar

Cara Menyemai Benih Cabai Rawit dalam polybag-budidayapetani.com akan berbagi tutorial penyemaian cabe rawit dalam polybag,sebelum kita bahas kita bahas dulu Pemilihan benih merupakan langkah awal yang sangat penting dalam budidaya cabe rawit. Kualitas benih yang baik sangat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha budidaya cabe rawit menuju capaian mutu produk yang kompetitif. teknik penyemaian cabe rawit dalam polybag,Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag dimaksudkan agar saat bibit cabai rawit ditanam dalam media plastik Polybag atau pot dapat tumbuh secara langsung tanpa mengalami masa penyesuaian. Saya sudah membuktikan langkah ini, dimana Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag mengurangi resiko bibit cabai rawit mati setelah ditanam. Hasil proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag menghasilkan kualitas pertumbuhan yang maksimal tanpa ada masa delay atau penyesuaian terhadap situasi iklim di sekitarnya, karena pada saat proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag kita langsung dapat meletakan bibit dengan situasi dan iklim yang sama dengan lokasi bibit cabai akan di budidayakan.
Langkah-langkah yang saya lakukan dalam proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag saya dapatkan dari beberapa sumber dari buku maupun internet. Tetapi dalam artikel ini saya akan berbagi informasi tentang langkah Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag yang saya lakukan saja. Untuk mengikuti langkah-langkah proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag yang saya dapatkan dari buku dan internet, terkadang saya kesulitan menemukan media yang dimaksud dan andaipun ada terkadang tidak mampu membelinya karena penjualan alat tersebut tidak boleh diecer alias harga grosir.

Langkah saya dalam proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag akan saya urutkan pada daftar dibawah ini :

Membeli Benih Cabai Rawit yang anda inginkan, kalau saya percayakan pada toko pertanian,
Membeli Polybag ukuran kecil kira-kira diameter 5 cm.
Menyiapkan pupuk kandang kemudian saya saring atau ayak sehingga butiran pupuk yang lembut saja yang saya gunakan, saya tidak menggunakan pupuk anorganik seperti urea dan lainnya.
Menyiapkan tanah yang baik kemudian juga disaring atau diayak.
Tanah dan pupuk kandang kemudian saya aduk rata kemudian saya masukan ke dalam polybag yang sudah kita beli.
Plastik Polybag yang sudah terisi media kemudian saya tata ditempat yang kira-kira situasinya sama dengan lokasi tanam nya nanti.
Plastik Polybag yang sudah tertata rapi kemudian saya siram dengan air hingga rata, jika ada isi media nya yang susut saya tambahkan lagi dan saya diamkan selama sehari semalam.
Setelah itu benih biji cabai rawit yang kita beli saya masukan satu persatu kedalam plastik Poblybag, untuk menghindari biji tidak tumbuh setiap polybag saya isi dua biji benih cabai rawit dengan posisi atau jaraknya kira-kira 2 cm.
Proses selanjutnya adalah membuat penyemaian cadangan jika nanti dalam plastik polybag ada yang tidak tumbuh atau mati kita bisa langsung menggantinya, media yang digunakan bisa memakai kaleng biskuit yang besar diisi media tanam kemudian sebarlah benih cabai rawit diatasnya secukupnya.
Semua langkah diatas saya lakukan secara berurutan dan kita tinggal menunggu sambil merawat benih hingga siap tanam kira-kira 4-6 minggu kemudian.
Sumber;http://satriamadangkara.com/menyemai-bibit-cabai-rawit-dalam-plastik-polybag/ 

Media Penyemaian Tanah yang subur dan Pupuk Kandang

Proses pengadukan Media tanah dengan Pupuk Kandang

Plastik Polybag yang sudah terisi media ditata rapi

Bibit Cabai siap ditanam dalam media Polybag yang lebih besar

semoga postingan ini bermnafatt,,,

0 Response to "Cara Menyemai Benih Cabai Rawit yang benar"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetaniku.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel