Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Mudah

Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Mudah
budidayapetani.com-Cara Mudah Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbahan Limbaha Sayuran-selamat siang para petani indonesia... setelah kemarin saya berbagi Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos pada kali ini saya akan berbagi Praktek membuat pupuk organik cair dengan mudah dan praktis,Apa sih Pupuk Itu....Pengertian Pupuk adalah suatu material yang diberikan kepada tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman oleh tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik sesuai yang kita harapkan.Material pupuk yang diberikan dapat berupa bahan organik ataupun non-organik pupuk juga bisa di artikan suatu bahan yang mengandung satu atau lebih unsur hara bagi tanaman.

Setiap tahun ribuan hektar lahan yang subur berkurang akibat penggunaan pupuk kimia. Sungguh ironis, menggunakan racun untuk meningkatkan produksi pangan bagi kehidupan. Tidak heran bila kesehatan dan daya tahan tubuh manusia terus merosot.
Penggunaan pupuk organik tidak meninggalkan residu yang membahayakan bagi kehidupan. Pengaplikasiannya mampu memperkaya sekaligus mengembalikan ketersediaan unsur hara bagi tanah dan tumbuhan dengan aman.
Nilai tambah dari penggunaan pupuk organik. Bahwa seperti diketahui bersama hasil produk pertanian dengan menggunakan pupuk organik mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibanding dengan pertanian anorganik (pupuk buatan pabrik), apalagi dipadukan dengan penggunaan pestisida organik dimana produknya dikenal sebagai “Beras organik non pestisida” , mempunyai harga jual hampir dua kali dari produk pertanian anorganik. Meskipun segmen pasarnya masih tertentu , misalnya jaringan perhotelan, supermarket dengan pelanggan orang asing , restoran restoran dll.
Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan pembuatan pupuk organik cair sehingga kita dapat memahami cara pembuatan pupuk dan memanfaatkan limbah.

Manfaat Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair

  1. Mengurangi dampak pemanasan global
  2. Meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 dan polutan lainnya
  3. Meningkatkan upaya konservasi sumberdaya genetik tanaman hutan
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan limbah tanaman.
Pupuk organik adalah nama kolektif untuk semua jenis bahanorganik asal tanaman dan hewan yang dapat dirombak menjadi haratersedia bagi tanaman. Dalam Permentan No.2/Pert/Hk.060/2/2006, tenpupuk organik dan pembenah tanah, dikemukakan bahwa pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahanorganik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Definisi tersebut menunjukkan bahwa pupuk organik lebih ditujukan kepada kandungan C-organik atau bahan organik daripada kadar haranya, nilai C-organik itulah yang menjadi pembeda dengan pupuk anorganik (Skoog 1962).
Bila C-organik rendah dan tidak masuk dalam ketentuan pupuk organik maka diklasifikasikan sebagai pembenah tanah organik. Pembenah tanah atau soil ameliorant menurut SK Mentan adalah bahan-bahan sintesis atau alami,organik atau mineral. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota. Kompos merupakan produk pembusukan dari limbah tanaman dan hewan hasil perombakan oleh fungi, aktinomiset, dan cacing tanah. Pupuk hijau merupakan keseluruhan tanaman hijau maupun hanya bagian dari tanaman seperti sisa batang dan tunggul akar setelah bagian atas tanaman yang hijau digunakan sebagai pakan ternak. Sebagai contoh pupuk hijau ini adalah sisa–sisa tanaman, kacang-kacangan, dan tanaman paku air Azolla. Pupuk kandang merupakan kotoran ternak (Skoog 1962).
Limbah kota yang dapat menjadi kompos berupa sampah kota yang berasal dari tanaman, setelah dipisah dari bahan-bahan yang tidak dapat dirombak misalnya plastik, kertas, botol, dan kertas. Istilah pupuk hayati digunakan sebagai nama kolektif untuk semua kelompok fungsional mikroba tanah yang dapat berfungsi sebagai penyedia hara dalam tanah, sehingga dapat tersedia bagi tanaman. Pemakaian istilah ini relatif baru dibandingkan dengan saat penggunaan salah satu jenis (Razdan ,1983).
pupuk hayati komersial pertama di dunia yaitu inokulan Rhizobium yang sudah lebih dari 100 tahun yang lalu. Pupuk hayati dalam buku ini dapat didefinisikan sebagai inokulan berbahan aktif organisme hidup yang berfungsi untuk menambat hara tertentu atau memfasilitasi tersedianya hara dalam tanah bagi tanaman (Razdan ,1983).
Memfasilitasi tersedianya hara ini dapat berlangsung melalui peningkatan akses tanaman terhadap hara misalnya oleh cendawan mikoriza arbuskuler, pelarutan oleh mikroba pelarut fosfat, maupun perombakan oleh fungi, aktinomiset atau cacing tanah. Penyediaan hara ini berlangsung melalui hubungan simbiotis atau nonsimbiotis. Secara simbiosis berlangsung dengan kelompok tanaman tertentu atau dengan kebanyakan tanaman, sedangkan nonsimbiotis berlangsung melalui penyerapan hara hasil pelarutan oleh kelompok mikroba pelarut fosfat, dan hasil perombakan bahan organik oleh kelompok organisme perombak. Kelompok mikroba simbiotis ini terutama meliputi bakteri bintil akar dan cendawan mikoriza (Razdan ,1983).
Penambatan N2 secara simbiotis dengan tanaman kehutanan yang bukan legum oleh aktinomisetes genus Frankia di luar cakupan buku ini. Kelompok cendawan mikoriza yang tergolong ektomikoriza juga di luar cakupan baku ini, karena kelompok ini hanya bersimbiosis dengan berbagai tanaman kehutanan. Kelompok endomikoriza yang akan dicakup dalam buku ini juga hanya cendawan mikoriza vesikulerabuskuler (Razdan ,1983).

Alat dan Bahan :
Ember besar Mentimun
Pencacah Gula merah
Pisau Air beras
Karung Em4
Karung Air kelapa
Alat pengukur air Air bersih
Limbah rumah tangga
Bioaktivator mikrobat
Cara kerja Pembuatan Pupuk Organik Cair
Langkah dan Prosedur kerja mahasiswa dalam praktikum yang dilakukan ini adalah sebagai berikut :

  • Cacah bahan-bahan yang kan dibuat pupuk
  • Masukkan kedalam Ember
  • Sementara itu, campurkan masing-masing 200ml dari bioaktivator dan tetes gula kedalam 5 liter air
  • Setelah itu masukkan bahan – bahan, kedalam ember, lalu campur dengan larutan tersebut, dan biarkan selama 2 minggu.


Gambar 1 


Gambar 2
Gambar 3 
Gambar 4

0 Response to "Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Mudah"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetaniku.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel